Wednesday, January 16, 2019

Pentingnya Sebuah Komunikasi

komunikasi
komunikasi

Komunikasi merupakan proses dimana individu atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat membuat dan menggunakan informasi agar terhubung dengan keadaan dan orang lain. Komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti
oleh kedua belah pihak. Komunikasi juga dapat dimengerti dan diterima oleh orang lain. Selain secara verbal, komunikasi dapat dengan bahasa tubuh atau gesture untuk tujuan tertentu. 

Komunikasi juga mempunyai unsur-unsur yaitu sumber unutuk memperkuat informasi itu sendiri, lalu komunikator yaitu individu atau kelompok yang dapat memberikan informasi tersebut sebagai suatu proses, lalu ada pesan dari apa yang disampaikan oleh komunikator, ada chanel  atau bisa disebut media komunikasi tersebut dan efek hasil dari sebuah komunikasi. 

Bagaimana jika komunikasi di Perpustakaan? 

Tulisan ini membahas tentang Komunikasi dalam organisai Perpustakaan.  Komunikasi menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah Perpustakaan agar komunikasi lancar antar Pemustaka dan Pustakawan. Jika tidak adanya sebuah komunikasi maka akan terjadinya kehancuran dan jikat terjadi di perpustakaan maka perpustakaan tidak dapat berjalan dengan baik. terjadinya komunikasi di perpustakaan. Komunikasi di perpustakaan antara pemutaka dengan pustakawan seperti dengan menyampaikan informasi-informasi yang ditanyakan oleh pemustaka. 

Di perpustakaan juga terdapat komunikasi terjadi baik secara sengaja maupun tidak seperti yang sengaja adalah ketika pemustaka menelfon ke perpustakaan untuk menanyakan jam layanan perpustakaan dan pustakwan pun dapat menjawabnya. dalam komunikasi pun kita harus dengan menggunkan bahasa yang baik, dan dengan gesture yang baik pula. dengan demikian akan pesan akan dapat diterima. 

Jurnal yang ditulis oleh Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta ini akan membahas tentang Komunikasi dalam Organisai Perpustakaan. jurnal ini dapat diakses secara lebih detail di repository UIN Jakarta atau KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERPUSTAKAAN


7 comments: