Monday, January 14, 2019

Pedoaman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Daerah

lanjutan Bab 3 Kebutuhan Ruang dalam Perpustakaan Umum

aku mau kasih tau dulu nih untuk baca informasi di sini sebaiknya baca dulu
blog teman aku yaa klik disini ya!


- Penempatan area anak-remaja dan dewasa 
Pengguna perpustakaan umum terdiri dari berbagai usia, yaitu anak, remaja dan dewasa dengan karakteristik dan perilaku yang berbeda-beda. Penempatan ruang perlu mempertimbangkan pemisahan anatara area untuk kelompok usia yang berbeda, sehingga tidak saling mengganggu. Namun pemisahan tersebut tidak harus dilakukan secara kaku, terutama pada perpustakaan yang kecil. Penempatan area tersebut berguna karena kebutuhannya berbeda-beda antara anak remaja dan dewasa. kebutuhan untuk anak lebih kepada bahan pustaka yang berisikan gambar-gambar yang menarik lalu desain tata ruang yang tentang anak agar anak nyaman dan senang tentunya dan juga terdapat pula permainan anak-anak. lalu untuk remaja dan dewasa penempatannya biasanya dengan tata ruang yang fleksibel  dengan tempat diskusi lalu adanya internet dan multimedia yang dapat digunaka. 

- Pemisahan area layanan perpustakaan dan area kegiatan insidentil 
menyediakan fasilitas untuk kegiatan insidentil, insidentil disini bermakna hanya sewaktu-waktu saja dibutuhkan. seperti ruang pertemuan, lobi dan ruang pameran, penempatan ruang harus diupayakan agara kegiatan tidak mengganggu kenyamanan pengguna layanan perpustakaan sehari-hari dan  pemustaka tidak merasa diganggu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang ada di perpustakaan 

- Penemepatan ruang penunjang 
ruang-ruang penunjang harus mudah dicapai oleh pemakainya dan sesuai dengan karakteristik kegiatan yang didukungnya. WC salah satunya area yang harus di bagian yang mudah dikenali seperti di pojok atau di belakang karean tempatnya yang tidak mengganggu pemustaka. dan ruang lainnya adalah mushola yang biasanya penempatannya tak jauh dari WC. 

2 comments:

  1. mari segera bergabung dengan kami.:)
    di ajoqq.club/games.^^
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.
    segera di add black.berry pin 58CD292C.AJoQQ.club/games.:)

    ReplyDelete