Monday, December 24, 2018

Merayakan Hari Ibu di Taman baca


tulisan
hari ibu

Tahu kan kalian hari ibu tepat pada tanggal 22 desember. yap  tepat tiga hari yang lalu
, aku dan teman-teman mengadakan kegiatan bertemakan hari Ibu tempatnya di taman baca lazuardi kalideres. baru diresmikan sekitar tiga bulan yang lalu. sistem kerja di taman baca ini unik loh guys, tidak ada ketuanya. para pendiri membuka tempat membaca ini dengan asas kebersamaan. mereka adalah anak-anak tongkrongan yang berinisiatif agar-agar adik-adik di lingkungan sekitarnya masih bisa merasakan bermain tanpa gadget, seperti membaca buku, mendongeng dan mewarnai. kegiatan yang aku dan teman-temanku lakukan adalah mewarnai, story telling, membaca puisi, ice breaking dan membuat gelang. jumlah koleksi buku yang tersedia sekitar 300 semuanya dapat dibaca oleh anak-anak.

Kegiatan yang pertama kami lakukan yaitu membaca puisi, puis kami sesuai dengan tema kami yaitu "Hari Ibu" temanku Hasbi, membacakan puisinya lalu setelah dibacakan puisi. kami juga mengajak adik adik di sana untuk berani membacakan puisi di depan teman-temannya yang lain. salah satunya adalah alvin ia berani membacakan puisinya walapun dengan suara pelan dan tanpa ada nada membaca puisi, tetapi dia sudah sangat berani untuk maju ke deppan. selanjutnya, kegiatan story telling aku memilih untuk menceritakan dongeng fabel tentang ibu kelinci, anak kelinci dan  kancil. ceritanya si anak kelinci anak yang sangat manja oleh ayahnya, ketika ayahnya meninggal, sifat manjanya masih tetap. bahkan ia tidak mau membantu ibunya yang bekerja di kebun, singkat cerita, sang ibu sakit. lalu anak kecil bertemu kancil yang memberi nasihat kepada kelinci agar membantu ibunya dan jangan jadi anak pemalas. jika ibunya meninggal kelinci akan hidup sendiri. maka kelinci harus menyangi ibunya, membantu ibunya dan berbakti kepada ibu. itu pesan moral yang dapat kami sampaikan kepada adik-adik taman baca. setelah kami bercerita, sama halnya dengan membaca puisi, kami mengajak adik-adik untuk menceritakn ulang ceritanya salah satunya yatu Jihan. Ia sangat antusias mendengarkan dan bersemangat menceritakan ulang kisah yang sudah didengarnya. dan diiringin dengan lagu Kasih Ibu. lalu selanjutnya kami mengadakan ice breaking  mereka sangat senang dengan ice breaking yang kami lakukan,saat ice breaking , kamu mengajak mereka bernyanyi dan bertepuk tangan dan agar tidak merasa bosan. setelah itu kami ke acara selanjutnya yaitu lomba mewarnai. Semakin sore ternyta adik-adik yang datang semakin banyak. karenanya, saat kegiatan lomba mewarnai, peserta yang ikut ada 30 anak. mereka mewarnai menggunkan pensil warna dan crayon kegiatan mewarnai itu sendiri membantu anak membedakan warna dan membantu anak untuk berkreasi. setelah lomba mewarnai, kami mengajak anak-anak untuk membuat gelang. bahannya yaitu benang dan mote warna-warni. kegiatan ini melatih ketelitian dan kreativitas mereka. 
ice breaking
ice breaking 

lomba mewarnai
mewarnai

Hari pun semakin sore, setelah kegiatan yang kami lakukan usai, kami membagikan hadiah kepada adik-adik di sana. mereka sangat senang dengan hadiah yang kami berikan. mudah-mudahan kegiatan yang kami lakukan sangat bermanfaat untuk adik-adik di taman  baca. dan tak lupa seperti cerita si kelinci dan kancil. adik-adik jangan jadi orang pemalas yaa, harus jadi anak yang membantu kepada orang tua, menyayangi orang tua dan berbakti kepada ornag tua tentuya. karena kasih sayang ibu sepanjang masa.  

Dan tak lupa juga terimaksasih kuntuk kakak-kakak Taman baca Lazuardi yang sudah mendukung kegiatan kami disana. 
Taman baca Lazuardi
Taman baca Lazuardi

7 comments:

  1. Pembawaan cerita yang sangat menarik, next time jangan lupa untuk singgah dan berbagi ilmu di taman sederhana kami kembali.

    See you

    ReplyDelete
  2. mari segera bergabung dengan kami.:)
    di ajoqq.club/games.^^
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.
    segera di add black.berry pin 58CD292C.AJoQQ.club/games.:)

    ReplyDelete